Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Life Dream dan Orb The Sims Freeplay

Saat kamu memulai Life Dreams and Legacies Quest, sims akan mulai bertambah usia secara otomatis, tanpa harus menggunakan birthday cake, sims bisa bertambah umur dengan sendirinya saat waktunya tiba.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan Kepribadian (Personality) pada sims. Ada beberapa Personality yang bisa kamu pilih (akan dijelaskan nanti) disetiap personality tersebut memiliki Life Dream. Yang jika kamu memenuhi Life Dream disetiap tahap usia mereka, maka saat sims mati, mereka akan meninggalkan sebuah Orb. Orb tersebut bisa digunakan untuk menghentikan sementara usia sims, atau membangun bangunan yang ada di Mysterious Island.

Seperti di katakan diatas. Sim akan menua secara otomatis setelah waktunya tiba. Disetiap tahap usia sim memiliki waktu usia yang berbeda.
Baby = 5 hari
Toddler = 7 hari
Preteen = 8 hari
Teen = 12 hari
Adult = 24 hari
Senior = 9 hari
Hari yang dimaksud adalah hari waktu di dunia nyata.

Tapi meskipun disebut mereka akan bertambah usia secara otomatis, bukan berarti benar benar otomatis. Mereka juga membutuhkan bantuanmu untuk menuju tahap usia berikutnya. Jadi, mereka tidak akan bertambah usia dengaan sendirinya. Mereka hanya akan bertambah usia saat kamu sedang bermain game the sims freeplay, dan membantu sims tersebut menuju ke usia berikutnya.

Contohnya: Jika sim baby sudah 5 hari, dia tidak akan secara tiba tiba brubah wujud menjadi toddler. Kamu harus membantunya dalam proses pertambahan usianya. Jadi, meskipun sims baby sudah 7 hari, dia akan tetap menjadi babby sampai kamu membantunya menjadi toddler (penjelasan lengkapnya akan di bahas nanti)

Cara memberikan Personality pada sims di The Sims Freeplay
Untuk menambahkan personality saat membuat sim, kamu bisa klik tab yang sudah di sediakan, seperti gambar berikut
Atau kamu juga bisa meberikan personality pada sim yang belum memilikinya dengan cara klik lemari, pilih “Browse Clothes”. Di tempat kamu mengganti baju sim, di sana akan terdapat tab personality, kamu bisa memberikan personality pada sims di situ

Pada tab personality terdapat beberapa pilihan diataranya:
SportyGeekyEntertainerAnimal Fanatic

Cara Merubah Personality The Sims Freeplay
Ingat jika Kamu mengubah Personality semua progres Life Dream yang sudah kamu kerjakan akan hilang dan kembali menjadi 0%.

Cara untuk merubah personality pada The Sims Freeplay adalah dengan cara buka tab Life Dream, Kik simbol yag dilingkari di gambar bawah ini:

Panduan Life Dream dan cara mendapatkan Orb The Sims Freeplay

1. Memilih Life Dream
Buka Simtracker, klik tab Life Dream. Disana akan terdapat gambar sim dengan tombol “Choose Life Dream”.

Sims yang masuk daftar di tab Life Dream, hanya sim yang sudah diberi atau memiliki personaity. Jika sim yang kamu inginkan tidak terdapat di tab Life Dream, kamu harus memberinya personality terlebih dahulu dengan cara yang sudah dijelaskan diatas.

Pilihan Life Dream juga akan muncul saat sim bertambah usia. Kamu bisa langsung memilih, atau klik “not now” dan memilihnya nanti melalui tab Life Dream.
Kamu akan diberikaan 3 pilihan Life Dream. Silahkan pilih salah satu yang kamu inginkan. Jika dalam pilihan tersebut tidak ada yang kamu suka, klik “not now”, lalu klik tombol “Choose Life Dream” lagi, maka kamu akan disediakan pilihan yang lain.

Pilihlah Life Dream yang paling mudah dan cocok untukmu. Cocok disini maksudnya cocok dengan waaktumu di dunia nyata. Jika kamu memiliki kesibukan didunia nyata dan tidak memiliki banyak waktu untuk bermain The sims Freeplay, maka pilihlah Life Dream yang membutuhkan waktu lama.

Misalnya, kamu jangan memilih Life Dream “I want to read encyclopedia from bookself” yanghanya membutuhkan waktu 3 jam dalam pelaksanaannya, jika kamu tidak bisa membuka atau bermain freeplay setiap 3 jam sekali. Pilihlah Life Dream “I want to write letters to scifi celebrities on the computer” yang membutuhkan waaktu 6 jam. Dengan begitu kamu hanya perlu membuka freeplay 6 jam sekali, untuk menuntaskan tugasnya, dan memerintahkannya melakukan tugas itu lagi. Karena untuk memenuhi progres Life Dream membutuhkan action berkali kali.

Untuk mengetahui butuh waktu beraapa lama di setiap Life Dream, Klik Disini

2. Lakukan Life Dream yang kamu pilih 
Beberapa Life Dream memberikan beberapa pilihan, seperti Life Dream “I want to lear about entertining by watching TV!”. Life Dream tersbut dilakukan dengan klik TV. Kamu bisa memilih pilihan yang kamu suka. Aku lebih suka memilih option yang membutuhkan waktu lama seperti “Movie Marathon”. Karena menurut pengalamanku, semakin lama option yang kamu piih, maka semakin cepat progres bar Life Dream akan terisi.

Untuk mengetahui apakah itu benar benar pilihan untuk melakukan tugas Life Dream, kamu bisa lihat simbol awan seperti digambar
Perhatikan Symbol tersebut setiap kali akan melakukan tugas Life Dream, agar kamu tidak salah pilih option.

Setiap kali sim selesai melakukan tugas Life Dream, akan muncul Symbol awan di atas kepala sim

3. Umur Sims 
Setelah Progres Life Dream terisi penuh, Sim bisa bertambah usia lebih awal. Akan muncul peringatan seperti ini
Klik yes jika kamu ingin sim bertambah usia saat itu juga. Klik No jika kamu tidak ingin melakukannya sekarang.

Kamu juga bisa melakukan pertambahan usia dengan cara klik”Advance Age” yang ada di tab Life Dream
Atau kamu bisa menunggu sampai umur sim habis secara alami, dengan menunggu lingkaraan hijau yang ada di kepala sim menjadi merah
Lingkaran hijau menunjukan progres umur sim. Jika lingkaran hijau penuh, maka lingkaraan tersebut akan berubah menjadi merah. Lingkaran merah menunjukan bahwa sim siap untuk bertambah usia

Ulangi dari nomor 1 sampai nomor 3 berulang ulang sampai sim menjadi senior.

Setelah sim senior menyelesaikan Life Dream nya, maka akan terdapat tanda seperti di gambar bawah ini pada tab Life Dream
NOTE: Kamu tidak bisa memberikan orb yang dimiliki sim senior kepada sim lain, sebelum sim senior tersebut meninggal

Sekarang sim senior mu bisa menikmati sisa hidupnya dengan tenang, atau kamu bisa membunuhnya agar bisa mendapatkan warisan orb yang mereka miliki.

Buka Age Control yang ada di Simtracker, Klik pada tanda gambar di bawah ini, jika kamu ingin sim senior meninggal lebih cepat. Atau kamu juga bisa melakukannya ddi tab Life Dream, klik “Advance Age”.
Setelah klik symbol tersebut, maka akan terbuka peringatan seperti gambar dibawah ini
Klik “Advance” untuk membuat senior meninggal. Setelah klik, maka akan muncul tanda seru diatas kepala sim. Klik tanda seru tersebut. Akan muncul peringatan seperti gambar dibawah ini
Klik “yes”, dan tunggu proses pencabutan nyawa yang dilakukan Grim Rapper. Setelah proses pencabutan nyawa selesai dan sim senior menhilang, akan muncul orb di tempat sim senior tadi.

Cara menyimpan Orb The Sims Freeplay
Klik Orb yang ditinggalkan oleh sim senior, lalu pilih “Add to Inventory”
Setelah kamu menyimpan Orb. Ada dua hal yang bisa kamu lakukan menggunakan Orb tersebut:

1. Memberikan Orb pada sim lain
Saat kamu memberikan personality pada sim, kamu akan melihat tanda seperti berikut.
Tanda tersebut menunjukan bahwa aku memiliki orb pada Entertainer Personality. Klik gambar orb tersebut jika kamu ingin memberikan orbnya pada sim. Kamu juga bisa klik tombol “No Life Orb” jika tidak ingin memberikan orb pada sim tersebut.

Ada 3 jenis Orb di The Sims Freeplay yaitu Bronze Orb, Silver Orb, Gold Orb dan Platinum Orb. Setiap Orb memiliki warna yang berbeda sesuai dengan jenisnya

Cara mendapatkan masing masing jenis Orb The Sims Freeplay:
Sim pertama yang menyelesaikan Life Dream, akan menghasilkan Bronze Orb.

Setelah Bronze Orb diberikan kepada sim berikutnya atau sim kedua, lalu sim kedua itu menyelesaikan Life Dreamnya, maka sim kedua tersebut akan menghasilkan Silver Orb.

Setelah Silver Orb diberikan kepada sim berikutnya atau sim ketiga, lalu sim ketiga itu menyelesaikan Life Dreamnya, maka sim ketiga tersebut akan menghasilkan Gold Orb

Setelah Gold Orb diberikan kepada sim berikutnya atau sim keempat, lalu sim keempat itu menyelesaikan Life Dreamnya, maka sim keempat tersebut akan menghasilkan Platinum Orb

Bronze ke Silver

Silver ke Gold

Gold ke Platinum

2. Menggunakan Orb untuk membangun
Jika kamu tidak ingin memberikaannya pada sim, dan memilih menggunakannya untuk membangun, jangan gunakan Orb tersebut, dan klik “No Life Orb” setiap memberikan personality.

Di Mysterious Island hampir seluruh tempat  membutuhkan Orb untuk membangunnya.
Berikut daftar baangunan yang ada di Mysterious Island dan informasi berapa Orb yang diperlukan sim untuk membangunnya:

Geeky orbs= Arcade
1 Bronze Geeky orb, 1 Silver Geeky orb

Sporty orbs= Beach
2 Bronze Sporty orbs, 2 Silver Sporty orbs

Entertainer orbs= Carnival
5 Bronze Entertainer orbs, 2 Silver Entertainer orbs

Animal Fanatic orbs= Pet Park
2 Bronze Animal Fanatic orbs, 4 Silver Animal Fanatic Orbs

Setelah Kamu membangun tempat tempat tersebut, kamu juga harus membangun beberapa tempat di dalamnya. Tempat tempat tersebut juga hanya bisa dibangun dengan menggunakan Orb

PAUSE SIM
Kamu juga bisa membuat sim hidup abadi tanpa harus bertambah usia. Klik disini untuk mengetahui tentang Pause Sim lebih lengkap

Pertanyaan yang sering diajukan:

Mengapa saya tidak bisa memberikan Personality saya sims?
Kamu harus menyelesaikan life dreams and legacies quest sebelum Kamu dapat memberikan Personality (personality) pada sims

Jika saya tidak memberikan personality atau Life Dream, apakah sim akan tetap menua secaara otomatis? 
Ya, mereka akan tetap bertambah usia secara otomatis meskipun kamu tdak memberikan personaality ataupun Life Dream

Di mana tab Life Dream? 
Ada di Simtracker, tempay kamu mengetahui hobby, caareer, dan relationship sims

Apa yang terjadi jika saya mengubah personality sim yang sebelumnya telah saya beri Orb? Apakah Orb tersebut akan hilang atau tetap tersimpan di inventory? 
Kamu tidak akan kehilangan Orb tersebut, Kamu akan menemukannya disebelah tubuh sim yang Personalitynya Kamu ubah sehingga Kamu dapat menempatkannya kembali ke inventory.

Ketika memilih Life Dream, apakah lebih baik memilih tugas yang membutuhkan waktu lebih lama atau lebih singkat? 
Untuk kamu yaang tidaktidak punya banyaak wktu untuk bermain The Sims Freeplay, lebih baik memilih tugas Life Dream yang membutuhkan waktu lebih lama, karena kamu tidak perlu sering membuka game. Tapi semua tetap sesuai selera sih.

Tapi memang menyelesaiakn tugas Life Dream dengan meggunakan pilihan lebih lama akan lebih cepat memenuhi progres Life Dream. Tapi sesuai dengan waktu yang dibutuhkan. Semakinlama, semakin banyak progres yang didapat. Semakin singkat, maka semakin sedikit progres yang didapat. Tapi, dengan melakukan yang membutuhkan waktu singkat berkali kali dalam jumlah waktu tugas yang membutuhkan waktu lama, juga akan meberikan progres yang banyak, jadi sama saja.
Bingung? Coba baca lagi pelan pelan

Dapatkah saya memenuhi Life Dream sims dalam satu tahap usia?
Bisa!!
Mengisi progres Life Dream memang membutuhkan waktu yang lama. Jadi terkadang saat sim belum memenuhi progres Life Dream nya, muncul peringatan bahwa sim sudah siap untuk bertambah usia.
Tapi sebenarnya tidak masalah, meskipun sim belum menyelesaikan Life Dream di umur tersebut.

Misalnya: Sim toddler baru mengisi progres Life Dream sebesar 70%, lalu tiba tiba, muncul peringatan bahwa sim Toddler tersebut sudah siap menjadi sim Preteen. Tidak apa apa jika kamu merubah sim toddler ke sim preteen. Progresnya akan tetap tersimpan.

Jika kamu tetap ingin mneyelesaikan Life Dream di usia toddler padahal sudah muncul peringatan pertambahan usia, kamu bisa klik “No”. Yang artinya sim akan tetap menjadi toddler dan kamu punya waktu 7 hari lagi untuk menyelesaikan Life Dream sebelum Toddler siap tambah usia lagi menjadi Preteen

Yang paling penting adalah saat sim kamu sudah berusia senior, maka Life Dream harus diselesaikan seblum sim senior meninggal untuk mendapatkan Orb.

Hanya saja, jika kamu tidak memenuhi progres Life Dream disetiap tahapan usia, maka saat sim berusia senior, kamu akan membutuhkan lebih lama lagi untuk memenuhi progres Life Dreamnya

Tapi tenang saja. Kamu bisa klik “Reserve” saat terdpat peringatan bahwa sim senior siap untuk meinggal.

Mengapa sim saya tidak mendapatkan Orb saat mereka meninggal?
Sim tidak akan memberikan Orb saat meninggal jika tidak menyelesaikan tugas Life Dream.

Apakah ada cara agar sim bisa menua atau betahbaah usia lebih cepat?
Ada tiga cara:
1. Setelah kamu menyelesaikan Life Dream sim, kamu bisa langsung membuat sim menuju usia selanjutnya dengan klik “Advance” di tab Life Dream

2. Perintahkan sim untuk melakukan tugas atau kegiatan yang membutuhkan waktu lama seperti Hibernate. Karena semakin sering sim melakukan kegiatan, maka semakin cepat sim akan bertambah usia/menua

3. Kamu juga bisa langsung mempercepat pertambahan usia sim dengan klik Advance di tab Age Controler. Tapi kamu membutuhkan 2LP untuk melakukan ini

Apakah saya masih membutuhkan Birthday Cake setelah menyelesaikan Life Dreams & Leagcies Quest? 
Tidak. Tapi kamu juga boleh menggunakan Birthday Cake jika kamu mau. Tapi melakukan Advance di Age Controler lebih murah dari pada menggunakan birthday Cake

Apa yang akan terjadi pada rumah sim jika penghuninya meninggal? Apakah rumahnya  otomatis akan ikut terhapus?
Tidak. Rumahnya akan tetap ada, dan akan menjadi rumah kosong. Kamu bisa memindahkan sim lainnya kerumah tersebut, menghapusnya, atau cukup membiarkannya kosong

Apa yang terjadi pada Pet yang pemiliknya meninggal?
Dia kan tetap tinggal di rumah sim yang meninggal tersebut. Pet tidak bisa mati. Kamu juga bisa memindahkan pet ke rumah sim lain dengan caara klik pet, pilih “Relocate”

Bisakah saya memindahkan Toddler kerumah sim lain saat orang tua toddler tersebut meninggal?
Ya kamu bisa. Saat Toddler menjadi yatim piatu, sim laain bisa mengadopsinya dengaan cara,si yang mau mengadopsi toddler tersebut harus memiliki hubungan “Good Friend” dengan si toddler. Lalu klik Toddler, maka akaan muncul pilihan “Adopt”

Jika salah satu orang tua toddler masih hidup, kamu tidak bisa mengadopsinya
Apakah sim lain akan berduka saat ada sim yang meninggal?
Tidak. The Sims Freeplay tidak memberikan emosi seperti itu pada sim

Bisakah kita menghidupkaan kembali sim yang sudah meninggal?
Tidak, dia akan hilang selama lamanya



PERINGATAN: Kami menyediakan Aplikasi terbaru untuk memudahkan anda mengakses INSIMS sehingga anda tidak perlu susah mencari tutorial terbaru The Sims Freeplay dari google. Klik Disini untuk mendownload Aplikasi INSIMS


#thesimsfreeplay #mainquestthesimsfreeplay #howtocompletequestthesimsfreeplay #explainLifeDreamandOrbthesimsfreeplay